Kerajinan Kreatif RF Craf Dari Sampah

ragambogor.com – Barang bekas sering dipandang sebelah mata. Bahkan sering dibuang dan dijual dengan harga yang sangat murah. Tetapi di tangan orang kreatif, barang bekas tersebut bisa disulap menjadi barang yang bernilai tinggi dan bisa dijual dengan harga mahal. setidaknya bagi pemilik usaha kerajinan tangan Recycle Full (RF) Craft, Rizal Syahrizal, ungkapan itu, bukan omong kosong belaka.

Lewat tangan dinginnya, berbagai macam produk souvenir dari sampah anorganik yang di daur ulang dapat diciptakannya. Mulai barang-barang yang kecil bentuknya hingga yang ukurannya besar.

“Produk yang saya buat lebih cenderung ke suvenir pernikahan, ulang tahun, atau cindera mata khas Bogor. Bahan bakunya sendiri menggunakan kayu, plastik, kertas, atau logam. Tujuannya mengajak warga peduli terhadap lingkungan, khususnya memerangi sampah-sampah yang sulit terurai,” kata Rizal, Kamis (6/9/2018).

Lewat usaha yang dirintisnya sejak 1996 ini, dia mencoba menyampaikan apresiasi dan rasa cintanya kepada Kota Bogor sekaligus berusaha membangkitkan rasa peduli generasi muda terhadap kebersihan lingkungan.

Kehidupan Rizal dapat dikatakan “lekat” dengan sampah. Awalnya dia memulai usahanya tersebut karena merasa prihatin melihat Bogor yang banyak sampah, sampai ketika memutuskan untuk memungutinya. Rumahnya yang berlokasi di Asrama Paskhas RT03 RW04 No 5 Kelurahan Lawang Gintung, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, yang kini menjadi workshop RF Craft lantas bertebaran oleh kayu dan kaleng.

“Selain agar mampu mengurangi sampah, juga untuk mengedukasi warga bahwa dari sampah, Asalkan mau dan kreatif, sampah pun bisa menghasilkan uang dan bisa bermanfaat,” ujarnya.

Bicara harga, produk yang dibuatnya dibandrol mulai dari Rp 5 ribu per pcs hingga Rp 50 ribu. Sedangkan untuk pemasarannya di jual melalui pameran, via online, kerabat, dan ada juga yang datang langsung ke workshop. “Saya berharap pemerintah bisa lebih memperhatikan para pelaku UKM dalam pengembangan promosi agar usaha para UKM dapat berkembang,” ungkapnya.

 

Laporan : yud

Sumber: kabar17.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *