Lukisan Dari Cangkang Telur

ragambogor.com – Membuat lukisan Asian Games 2018 dari pecahan cangkang kulit telur mungkin menjadi salah satu seni kreatifitas yang tidak terpikirkan oleh banyak orang. Namun, hal itu diaplikasikan Bambang Sriyanto sebagai rasa bangganya atas pencapaian Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan akbar olahraga se-Asia tersebut.

Ditemui di kediamannya di Jalan Tatapakan 2 No.1, Bantarjati, Bogor Utara, Bambang menjelaskan, membuat keseluruhan lukisan yang berisi maskot, logo Asian Games 2018 dan 45 bendera negara peserta dikerjakannya selama satu bulan.

“Saya mengerjakan ini, sehari empat jam. Dua jam di waktu pagi dan dua jam di waktu sore. Itu pun kalau tidak ada kesibukan lain atau sedang mood. Yang pasti dibutuhkan kesabaran dan ketekunan,” ucap pria kelahiran Wonogiri yang kini berusia 68 tahun, Rabu (8/8/18).

 

Ia melanjutkan, lukisan yang dibuat berukuran panjang 145 cm dan tinggi 81 cm. Memanfaatkan kurang lebih 100 limbah kulit telur ayam dan telur bebek yang didapat dari pedagang martabak dekat rumahnya.

“Awal pengerjaan saya buat gambar sket dulu sebagai acuan gambar. Kemudian baru ditempel pecahan cangkang kulit telur dengan menggunakan lem kayu. Setelah selesai kemudian di couting dengan cairan khusus. Semua kulit telur tanpa pewarna untuk mempertahankan originalnya, kecuali bendera peserta yang memiliki keragaman warna, cangkang telur diwarnai dengan cat,” jelasnya.

Pada sisi kiri atas, sambung Bambang, tertulis Atung, Bhin-Bhin, Kaka, yakni nama rusa Bawean, burung Cendrawasih, badak bercula satu, yang menjadi Maskot Asian Games 2018. Lalu tulisan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang sengaja diberi warna hitam untuk mempertegas.

“Asian Games 2018 menjadi sejarah besar yang patut dibanggakan. Setelah 56 tahun, Indonesia dipercaya kembali sebagai penyelenggara olahraga se-Asia tersebut. Makanya momen ini, saya abadikan sebagai apresiasi atas pencapaian Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games,” ungkapnya.

Selain maskot Asian Games 2018, terdapat 40 karya lukis dari cangkang kulit telur lainnya yang sudah ia buat sejak menekuni seni kreatifitas ini di tahun 2011. Karya lainnya seperti; istana Bogor, wajah Presiden RI mulai dari Soekarno sampai Joko Widodo. Ada juga wajah tokoh-tokoh dunia, seperti Donal Trump, Ahok, Dalai Lama, Marilyn Monroe, Sadam Husein dan masih banyak lagi.

“Ide ini bukanlah yang pertama. Sudah ada orang lain yang melakoni seni ini lebih dulu. Saya hanya mendaur ulang ide yang sudah ada. Meski kegiatan ini, hanya sebagai pengisi waktu di masa tua, saya berharap bisa memamerkan hasil karyanya ke khalayak umum,” harapnya.

 

Sumber: kabar17.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *